Jumat, 22 Juli 2016

Borok Menahun? Obati Dengan Binahong

Daun Binahong
Daun Binahong
Manfaat dan Khasiat Daun Binahong - Berbicara tentang tanaman merambat yang umum dijadikan obat herbal, selain sirih, kebanyakan dari kita pasti akan langsung menyebut binahong. Ya, tanaman merambat yang satu ini memang dikenal memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Tak hanya penyakit ringan, penyakit berat pun bahkan bisa diobati dengan binahong ini, hebat sekali, bukan?

Sebut saja borok menahun, salah satu penyakit berat ini yang bisa diobati dengan Bassela rubra Linn (binahong). Penyakit yang dikenal membandel dan sangat sulit disembuhkan itu bisa disembuhkan dengan binahong asalkan sabar dan telaten dalam mengobatinya, ya, tanaman yang mudah tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi ini bisa dijadikan jalan keluar alternatif bagi mereka yang menderita borok menahun.

Dikutip dari wikipedia, tentara dan orang-orang Vietnam menggunakan kegunaan serupa dari daun binahong ini ketika berperang dengan Amerika Serikat pada tahun 1950-1970-an. Luka-luka memang tak bisa dielakkan dalam pertempuran itu, tentunya, herbal daun binahong berperan sangat penting menyembuhkan luka/borok pada tubuh mereka akibat perang.

Disadur dari obatsakit2011.blogspot.co.id, berikut cara meramu daun binahong untuk mengobati borok menahun atau cara membuat obat herbal dari binahong untuk mengobati borok menahun ;
  • Pertama-tama siapkan sedikitnya 12 lembar daun binahong, cuci bersih
  • Setelah itu, rebus dengan menggunakan 3 gelas air,
  • Perebusan terus dilakukan sampai warna air berubah dan air menyusut menjadi 2 gelas,
  • Setelah didinginkan, jika memungkinkan habiskan dalam satu kali minum, atau dua kali minum dengan jarak yang tidak terlalu jauh.
Usahakan rutin meminum air rebusan daun binahong tersebut agar manfaatnya terasa, sampai luka borok perlahan terlihat mengering. Dan jangan lupa, ikhtiar/usaha untuk mendapat kesembuhan ini juga harus dibarengi dengan doa semoga lekas menemukan kesembuhan, atas kehendak yang Maha Kuasa.


EmoticonEmoticon