Senin, 01 Agustus 2016

Cakar Ayam Untuk Infeksi Saluran Nafas

Cakar ayam/Paku rane
Manfaat dan Khasiat Tumbuhan Cakar Ayam - Cakar ayam, tumbuhan yang termasuk jenis paku-pakuan ini biasa tumbuh di tempat yang dingin. Karenanya, paku yang orang Sunda biasanya menyebutnya dengan paku rane ini akan tumbuh subur di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, termasuk tebing-tebing yang teduh.

Tumbuhan yang termasuk dalam marga Salaginella ini biasanya tumbuh merimbun berkelompok, ia akan tumbuh tak lebih dari 35 cm. Dengan daun kecil-kecil merimbun, ia biasanya tampak menarik dan terlihat mencolok dari tumbuhan lain di sekitarnya. Adapun kenapa disebut cakar ayam, itu karena bentuk daunnya yang kecil-kecil dan bentuknya, yang menyerupai sisik-sisik pada ruas cakar ayam.

Tumbuhan ini sebenarnya kurang familiar untuk dipergunakan sebagai herba, tapi ia memang dipercaya dan sudah terbukti mampu mengobati beberapa penyakit, diantaranya saja adalah infeksi saluran nafas akibat batuk. Ya, cakar ayam atau paku rane bisa menjadi herbal untuk infeksi saluran nafas akibat batuk.

Berkaitan dengan hal tersebut, disadur dari carasehatlo.blogspot.co.id berikut cara mengolah tumbuhan cakar ayam/paku rane untuk mengobati infeksi saluran nafas akibat batuk atau cara membuat obat herbal dari tumbuhan cakar ayam untuk mengobati infeksi saluran nafas akibat batuk ;
  • Pertama-tama, cuci bersih 30 gram seluruh bagian tumbuhan (akar, batang, daun)
  • Potong-potongjika diperlukan, untuk mempermudah perebusan,
  • Rebus selama 4 jam diatas api kecil menggunakan 5 gelas air, dinginkan dan saring,
  • Minum air rebusan beberapa kali sampai habis,
  • Lakuka ini secara rutin


EmoticonEmoticon