Senin, 01 Agustus 2016

Mengobati Beri-beri Dengan Kolesom/Ginseng Jawa

Kolesom/Ginseng Jawa
Kolesom/Ginseng Jawa
Manfaat dan Khasiat Kolesom/Ginseng Jawa - Ginseng jawa atau kolesom, herba ini biasa tumbuh liar dan jarang ada yang memanfatkannya kecuali orang-orang tertentu. Ia begitu mudah dijumpai, di lereng-lereng, di pinggiran sungai, sampai di pekarangan rumah. Ia seringkali tumbuh merimbun, daunnya yang indah mengkilat membuatnya sedap dipandang mata.

Tak banyak yang tahu, ginseng jawa yang biasa tumbuh liar dan bandel dalam berbagai kondisi ini serta mempunyai nama latin talinum crassifolium ini ternyata bisa dipakai sebagai herba untuk mengobati beri-beri. Beri-beri sendiri disebabkan oleh kurangnya vitamin B (utamanya B1/tiamin) dalam tubuh. Ia menyebabkan pembengkakan pada daerah tubuh tertentu.

Berkaitan dengan hal tersebut, disadur dari bundaberkebun.blogspot.com berikut cara mengolah kolesom/ginseng jawa untuk mengobati beri-beri atau cara membuat obat herbal dari kolesom/ginseng jawa untuk mengobati beri-beri ;
  • Pertama-tama, sediakan 3-5 gram akar ginseng jawa yang telah dibersihkan di air mengalir,
  • Kukus akar ginseng jawa tersebut selama 15 menit,
  • Lalu rebus akar yang telah dikukus menggunakan 1 gelas air hingga mendidih, didihkan beberapa saat. Matikan api dan dinginkan
  • Air rebusan diminum 1 kali sehari sampai keluhan membaik,
Penting untuk diperhatikan, akar segar atau yang telah dikeringkan, sebelum digunakan sebagai herba untuk pengobatan harus dikukus terlebih dahulu karena pemakaian akar secara langsung bisa menyebabkan diare.


EmoticonEmoticon