Rabu, 03 Agustus 2016

Mengobati Luka Dengan Begonia

Salah Satu Jenis Begonia
Salah Satu Jenis Begonia
Manfaat dan Khasiat Begonia - Begonia, salah satu bunga yang mempunyai beragam varietas ini beberapa diantaranya seringkali tumbuh liar di banyak tempat, adapun sebagiannya lagi dibudidayakan sebagai tanaman hias. Warnanya yang indah dan mencolok memang mempunyai daya tarik tersendiri, dengan bunga yang biasanya berkelompok ia memang sedap dipandang mata. Bagi anak-anak di pedesaan, bunganya seringkali iseng dimakan karena memiliki rasa asam yang segar.

Warnanya yang indah dan mencolok memang seringkali mencuri perhatian, apalagi dengan bunga yang biasanya berkelompok ia memang sedap dipandang mata. Tapi tak banyak yang tahu, bunga yang pohonnya biasa tumbuh menyemak dan  mempunyai daun asimetris ini selain cantik, juga mempunyai khasiat obat atau bisa dijadikan herba. Salah satu yang bisa diobati atau diringankan menggunakan begonia ini adalah nyeri haid.

Berkaitan dengan hal tersebut, disadur dari sains.kompas.com berikut cara mengolah atau menggunakan begonia untuk mengobati luka atau cara membuat obat herbal dari begonia untuk mengobati luka yang masih baru;
  • Pertama-tama, sediakan daun segar begonia secukupnya, bersihkan di air mengalir,
  • Tumbuk daun yang sudah bersih tersebut sampai lumat (jadi pasta),
  • Tempelkan pasta daun begonia tersebut pada luka.
Dengan cara ini, kandungan kimia seperti saponin dan flavonoida pada begonia (khusunya begonia laciniata) bisa mempercepat sembuhnya luka.


EmoticonEmoticon