Minggu, 07 Agustus 2016

Mengobati Rematik Dengan Daun Kecubung

Pohon Kecubung
Pohon Kecubung
Manfaat dan Khasiat Daun Kecubung - Kecubung, tumbuhan yang memiliki bunga berbentuk terompet ini merupakan anggota suku Solanaceae. Di banyak tempat di Indonesia, ia biasa dijadikan tumbuhan hias, tak heran karena bunganya memang indah dengan warna yang memanjakan mata, bunganya berwarna putih, orannye, ungu, dan banyak lagi aneka warna lainnya. Warna bunganya memang menjadi daya tariknya, tapi tak hanya sampai di situ, seluruh bagian tumbuhannya juga ternyata memiliki banyak manfaat sebagai herba, dimana salah satu keluhan yang bisa diatasi olehnya adalah Rematik.

Mengutip dari wikipedia, Rematik atau Radang sendi atau artritis reumatoid (bahasa Inggris: Rheumatoid Arthritis, RA) merupakan penyakit autoimun (penyakit yang terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri) yang mengakibatkan peradangan dalam waktu lama pada sendi. Penyakit ini menyerang persendian, biasanya mengenai banyak sendi, yang ditandai dengan radang pada membran sinovial dan struktur-struktur sendi serta atrofi otot dan penipisan tulang.

Tentu, ini sangat menyiksa, bahkan pada stadium lanjut kualitas hidup si penderita dipastikan akan menurun. Berkaitan dengan itu, disadur dari herbal.tanijogonegoro.com, berikut cara meramu daun kecubung untuk mengobati gejala rematik atau cara mudah membuat obat herbal dari daun kecubung untuk mengobati rematik ;
  • Pertama-tama, sediakan daun kecubung segar yang telah dicuci bersih dan minyak kelapa 10 sendok makan,
  • Iris-iris kecil daun kecubung sampai lembut, lalu jemur sampai mengering,
  • Setelah kering, campur dengan minyak kelapa dan diamkan tiga hari,
  • Setelah tiga hari, pisahkan minyak dengan dedak (daun kecubung kering) dengan cara diperas kuat-kuat, ambil minyaknya,
  • Untuk pemakaian, panaskan terlebih dahulu minyak di atas api sampai hangat, lalu gosokkan pada anggota tubuh yang nyeri karena rematik.


EmoticonEmoticon