Rabu, 03 Agustus 2016

Mengobati Sakit Kepala Dengan Kemangi

Kemangi
Kemangi
Manfaat dan Khasiat Kemangi - Kemangi, tanaman rempah yang biasa menjadi salah satu bumbu dapur ini dikenal mempunyai wangi yang khas. Dengan tanaman yang bisa tumbuh tegak merimbun dan cabang yang banyak, jika dirawat dengan perlakuan khusus ia bisa menjadi perdu dengan ketinggian kurang lebih 100 cm. Adapun ibu rumah tangga, kebanyakan menanamnya di pekarangan rumah sebagai bagian dari bumbu yang "wajib ada" di pekarangan, selain cabe rawit atau daun salam.

Tidak usah dengan pohon yang tumbuh terlalu besar, dengan tumbuh menyemak kecil di pojokan halaman pun ia bisa memberi manfaat bagi seisi rumah. Ya, karena dengan menanamnya kita telah menanam salah satu apotek hidup, ia memang mempunyai khasiat obat. Kemangi bisa digunakan sebagai herba untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Salah satu keluhan yang bisa diatasi dengan kemangi adalah sakit kepala. Dengan menyediakan kemangi di pekarangan, tentu ini bagus karena sakit kepala bisa menyerang siapa saja penghuni rumah, mengingat sakit kepala adalah salah satu yang "sering datang" tiba-tiba. Berkaitan dengan hal tersebut, digubah dari khasiatmanfaatsehat.blogspot.co.id berikut cara mengolah atau meracik kemangi untuk mengobati sakit kepala atau cara membuat obat herbal dari kemangi untuk mengobati/mengurangi sakit kepala ;
  • Pertama-tama, kita harus telah menyediakan daun kemangi yang sudah dikeringkan,
  • Ambil daun kemangi yang sudah dikeringkan sebanyak 1 sendok makan,
  • Sediakan pula 2 cangkir air yang telah didihkan,
  • Seduh kemangi kering dengan air mendidih tersebut,
  • Posisikan agar sobat mudah menghirup uap yang dihasilkan,
  • Tutup kepala dengan handuk agar lebih banyak uap yang terhirup,
  • Hirup uap tersebut selama 5-10 menit sampai sakit kepala mereda.


EmoticonEmoticon