Selasa, 16 Agustus 2016

Rangsang Nafsu Makan Dengan Pegagan

Pegagan/antanan
Pegagan/antanan
Manfaat dan Khasiat Pegagan/antanan - Pegagan atau biasa disebut juga dengan antanan, tanaman yang satu ini biasa tumbuh liar di kebun-kebun, pematang sawah, sampai pinggir jalan. Tanaman yang berdaun mirip tapal kuda ini oleh orang Sunda biasa dijadikan lalapan karena rasanya yang lezat, ternyata kebiasaan itu membawa banyak manfaat karena antanan ini mempunyai banyak khasiat.

Ya, Pegagan yang mempunyai nama latin Centella asiatica sejak dulu dikenal sebagai herbal yang memiliki banyak khasiat diantaranya saja mengatasi gangguan saraf dan memperbaiki peredaran darah. Adapun mengkonsumsinya sebagai lalapan, tentu secara tidak disadari akan membuat tubuh menyerap banyak manfaat dari pegagan ini, bayangkan saja, pegagan ini mengandung banyak senyawa seperti kandungan asiaticoside, thankuniside, dan lain sebagainya serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi. Dengan mengkonsumsinya, tentu kita akan menyerap banyak manfaat darinya. Dan mengkonsumsinya secara mentah/dilalap tentu membuat kandungan yang ada di dalam pegagan ini utuh dan tidak rusak.

Adapun bagi para orang tua yang kerepotan karena anak tidak mau makan, pegagan ini juga bisa menjadi solusi karena pegagan merupakan salah satu herba yang bisa digunakan untuk merangsang nafsu makan. Berkaitan dengan hal tersebut, digubah dari updatesehat.blogspot.co.id berikut cara mengolah atau meramu pegagan untuk merangsang nafsu makan atau cara membuat herbal dari pegagan untuk merangsang nafsu makan ;
  • Pertama, sediakan segenggam daun pegagan segar yang telah dicuci bersih,
  • Rebus menggunakan 2 gelas air,
  • Didihkan terus hingga air menyusut menjadi 1 gelas, saring dan dinginkan
  • Minum air rebusan pegagan tersebut secara teratur 1 kali sehari


EmoticonEmoticon