Rabu, 17 Agustus 2016

Suara Serak? Redakan Dengan Cakar Ayam

Cakar ayam/Paku rane
Manfaat dan Khasiat Tumbuhan Cakar Ayam - Cakar ayam, tumbuhan yang satu ini termasuk jenis paku-pakuan. Orang Sunda biasanya menyebutnya dengan paku rane. Ia biasa tumbuh di tebing-tebing atau di tempat lain yang berhawa dingin, biasanya, ia akan lebih subur jika tumbuh di tempat yang dingin dan teduh/terhalang dari sinar matahari langsung.

Tumbuhan yang termasuk dalam marga Salaginella ini biasanya tumbuh tak lebih dari 35 cm, dengan akar-akar yang keluar dari percabangannya. Dengan daun kecil-kecil merimbun, ia biasanya tampak menarik. Beberapa hobiis aquarium biasa menjadikannya tanaman dalam dekorasi aquariumnya meskipun sebenarnya ia tidak termasuk dalam tanaman air. Adapun kenapa disebut cakar ayam, karena bentuk daunnya yang menyerupai sisik-sisik ruas cakar ayam.

Tumbuhan ini sebenarnya kurang familiar untuk dipergunakan sebagai herba, tapi ia memang dipercaya dan sudah terbukti mampu mengobati beberapa keluhan, diantaranya saja adalah suara serak. Ya, cakar ayam atau paku rane bisa menjadi herbal untuk suara serak. Berkaitan dengan hal tersebut, disadur dari carasehatlo.blogspot.co.id berikut cara mengolah tumbuhan cakar ayam/paku rane untuk mengobati suara serak atau cara membuat obat herbal dari tumbuhan cakar ayam untuk mengobati suara serak ;
  • Pertama-tama, cuci bersih 30 gram seluruh bagian tumbuhan (akar, batang, daun)
  • Potong-potongjika diperlukan, untuk mempermudah perebusan,
  • Rebus selama 4 jam diatas api kecil menggunakan 5 gelas air, dinginkan dan saring,
  • Minum air rebusan beberapa kali sampai habis,
  • Lakuka ini secara rutin


EmoticonEmoticon