Senin, 15 Agustus 2016

Usir Demam Dengan Daun Kemangi

Kemangi
Kemangi
Manfaat dan Khasiat Kemangi - Kemangi, atau orang Sunda menyebutnya dengan Surawung, tanaman berbentuk perdu ini mempunyai wangi yang sangat khas, karenanya ia termasuk dalam tumbuhan yang seringkali dipergunakan sebagai bumbu dapur atau rempah. Tapi sudah lazim diketahui, selain mampu melezatkan masakan, ia juga mempunyai manfaat herbal atau bisa digunakan sebagai obat untuk berbagai keluhan.

Tumbuhan yang banyak tumbuh di Asia dan Amerika ini biasa dibudidayakan, tapi tak jarang juga tumbuh liar di banyak tempat, mulai dari di kebun-kebun, di pagar-pagar, di pinggir-pinggir jalan, di lapangan, sampai halaman rumah. Kenapa ia bisa digunakan sebagai obat? Karena daun kemangi kaya akan zat fitonutrien dan minyak penyembuhan, apalagi sifatnya yang hangat membuat kemangi sangat efektif sebagai herbal untuk menyembuhkan demam.

Berkaitan dengan hal tersebut, disadur dari khasiatmanfaatsehat.blogspot.co.id berikut cara meramu atau mengolah kemangi/surawung untuk mengobati demam atau cara membuat obat herbal dari kemangi untuk mengobati demam yang tinggi;
  • Haluskan daun kemangi secukupnya, rebus sampai mendidih. Angkat, campur dengan teh, setelah dingin saring dan segera diminum.
  • Untuk demam yang tinggi, rebusan daun kemangi ditambah gula dan susu secukupnya, dan bubuk kapulaga,
  • Semua diaduk daam 1/2 liter air masak, lalu diminum secara berangsur sampai habis.


EmoticonEmoticon