Sabtu, 13 Agustus 2016

Usir Demam Dengan Pegagan

Pegagan/antanan
Pegagan/antanan
Manfaat dan Khasiat Pegagan - Demam, seringkali muncul tiba-tiba. Itu tentunya sangat mengganggu ditengah padatnya aktifitas kita. Tentu, walau kadang tidak disadari, dibalik datangnya yang mendadak demam pasti ada pencetusnya, seperti hujan-hujanan atau terpapar polutan. Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengusir demam tentu adalah dengan beristirahat yang cukup.

Demam termasuk salah satu keluhan yang mudah datang di kehidupan kita sehari-hari, namun juga tergolong keluhan ringan yang mudah untuk disembuhkan. Banyak obat demam yang beredar di apotik, namun jika ingin mencoba cara herbal, pegagan menjadi salah satu alternatif pilihan yang paling mujarab untuk mengobati demam. Ya, tanaman dengan nama latin Centella asiatica yang oleh orang Sunda biasa dijadikan lalapan ini ternyata bisa juga dipakai untuk mengobati demam.

Berkaitan dengan hal tersebut, disadur dari updatesehat.blogspot.co.id berikut cara meramu atau mengolah pegagan untuk mengobati demam atau cara membuat obat herbal dari pegagan untuk mengobati demam ;
  • Pertama, sediakan segenggam pegagan segar lalu cuci bersih di air mengalir,
  • Tumbuk dan lumatkan sampai menjadi seperti pasta,
  • Aduk kedalam 3/4 gelas air, ditambah sedikit garam,
  • Minum ramuan ini setiap pagi sebelum sarapan, sampai demam berangsur membaik.
  • Jika dalam 10 hari demam belum membaik, di hari berikutnya segenggam daun pare dibuat sama seperti di atas. Keduanya diminum selang seling masing-masing 10 hari.


EmoticonEmoticon