Sabtu, 13 Agustus 2016

Usir Flu Dengan Bandotan

Bandotan, dianggap sebagai gulma
Bandotan, dianggap sebagai gulma
Manfaat dan Khasiat Badotan - Bandotan, anggota suku Asteraceae yang berasal dari negara Amerika Tropis khususnya Brazil ini mudah sekali dijumpai di berbagai tempat di negara kita, mulai dari kebun, halaman rumah, sampai pinggir jalan. Ia yang mempunyai nama latin Ageratum conyzoides ini memang mudah tumbuh dimana saja sehingga mudah menjumpainya. Saking mudah tumbuh, ia seringkali merajalela di sebuah lahan hingga tak jarang dianggap sebagai gulma yang mengganggu. Apalagi ia berbau keras, hingga terasa sangat sangat mengganggu.

Namun, dibalik semua itu ternyata tanaman yang didatangkan ke Indonesia, khususnya Jawa sebelum tahun 1860 ini mempunyai banyak manfaat. Ya, bandotan sudah sejak lama dikenal sebagai herba yang mampu mengatasi banyak keluhan kesehatan, mulai dari yang ringan, sampai yang berat, Salah satu keluhan sehari-hari yang bisa diobati dengan bandotan ini salah satunya adalah flu/influenza.

Berkaitan dengan hal tersebut, disadur dari budidaya-petani.blogspot.co.id berikut cara meramu atau mengolah bandotan untuk mengobati flu atau cara membuat obat herbal dari bandotan untuk mengobati influenza ;
  • Pertama, sediakan sekitar 30 gram herba bandotan yang telah dikeringkan,
  • Rebus herba tersebut dalam 2 gelas air,
  • Didihkan terus sampai air menyusut menjadi 1 gelas, dinginkan dan saring. Minum sekaligus.
  • Lakukan ini setiap hari, 2 kali sehari, pagi dan sore sampai terasa baikan.


EmoticonEmoticon