Jumat, 22 Juli 2016

Diare? Obati Dengan Harendong

Tanaman Harendong
Tanaman Harendong
Manfaat dan Khasiat Tanaman Harendong - Diare, akan sangat mengganggu jika penyakit ini menyerang, tubuh akan terasa lesu karena cairan dalam tubuh berkurang drastis. Jika dibiarkan, penyakit yang awalnya seringkali dianggap sepele ini bisa mengakibatkan kematian. Makin berbahaya, karena penyakit ini terhitung mudah mewabah.

Menjaga kebersihan diri, sanitasi dan kebersihan lingkungan menjadi kunci agar kita terhindar dari penyakit ini. Beberapa hal standar yang bisa dilakukan untuk menjaga diri dan lingkungan, untuk meminimalisir dan menjauhkan penyakit ini dari diri kita diantaranya adalah mencuci tangan dengan sabun setiap selesai beraktifitas/sebelum makan, membuang sampah pada tempatnya, tidak buang air (besar/kecil) di sembarang tempat, dan banyak lagi perilaku hidup sehat lainnya.

Adapun jika penyakit ini sudah kadung menyerang kita, harus cepat-cepat diobati dan jangan dibiarkan terlalu lama karena akan berbahaya. Banyak obat kimia untuk diare dijual di pasaran, begitupun tanaman/herbal yang bisa digunakan untuk mengobati diare, sangat banyak. salah satu tanaman yang bisa digunakan untuk mengobati diare adalah harendong/senggani.

Untuk mengobati diare, bagian tanaman harendong atau senggani yang dipakai adalah daunnya, dikombinasikan dengan kulit manggis dan daun sembung. Digubah dari smallcrab.com, berikut Cara Meramu Daun Harendong/Senggani Untuk Mengobati Diare atau atau cara membuat obat herbal dari buah/biji harendong/senggani untuk mengobati diare ;
  • Pertama-tama, siapkan daun senggani/harendong yang masih muda sebanyak 1 genggam (kira-kira 5-10 lembar daun),
  • Siapkan juga 5 gram kulit buah manggis yang belum layu, dan 3 lembar daun sembung yang masih segar,
  • Semua bahan segar tersebut dicuci bersih, lalu direbus dengan 1 1/2 gelas air,
  • Perebusan terus dilakukan sampai air menyusut menjadi 1/2 gelas, lalu dinginkan
  • Setelah dingin, saring untuk memisahkan air dan dedak
  • Air hasil saringan dibagi untuk 3 kali minum, yaitu pagi, siang, dan sore.
Usahakan rutin meminum olahan daun harendong tersebut agar manfaatnya terasa, sampai badan terasa segar kembali dan diare menjauh. Dan jangan lupa, ikhtiar/usaha untuk mendapat kesembuhan ini juga harus dibarengi dengan doa semoga lekas menemukan kesembuhan, atas kehendak yang Maha Kuasa.


EmoticonEmoticon