Kamis, 28 Juli 2016

Mengatasi Sembelit Dengan Keci Beling

Daun Keci Beling/Pecah Beling
Daun Keci Beling/Pecah Beling
Manfaat dan Khasiat Keci Beling - Keci beling, atau banyak juga yang menyebutnya pecah beling, merupakan tumbuhan perdu yang banyak digunakan sebagai "pagar hidup" di rumah-rumah, baik di pedesaan maupun di perkotaan. Batang dan daunnya memang terlihat kokoh sehingga cocok untuk itu. Kebanyakan, baru memanfaatkannya sebatas itu, padahal, dibalik itu keci beling mempunyai beragam manfaat sebagai herbal.

Banyak penyakit yang bisa diobati dengan keci beling mulai dari penyakit ringan hingga berat, sebut saja diabetes sebagai contohnya. Dan konstipasi atau sembelit, juga menjadi salah satu penyakit yang bisa diobati menggunakan tumbuhan ini. Dikutip dari Wikipedia, konstipasi atau sering disebut sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seorang manusia (atau mungkin juga pada hewan) mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya.

Tentu, siapa saja yang mengalami sembelit akan mengalami rasa kurang nyaman, Berkaitan dengan hal tersebut, disadur dari familyherbal.net berikut cara meramu daun keci beling untuk mengobati sembelit atau konstipasi atau cara membuat obat herbal dari keci beling untuk mengobati sembelit ;
  • Pertama-tama, ambil setengah hingga segenggam daun keci beling yang masih segar,
  • Cuci bersih semua di air mengalir,
  • Rebusa bahan dalam 2 gelas air
  • Didihkan terus sampai air menyusut menjadi 1 gelas, dinginkan dan saring,
  • Habiskan dalam satu kali minum,
  • Ulangi di hari berikutnya sampai terasa baikan.


EmoticonEmoticon