Sabtu, 30 Juli 2016

Gondokan? Atasi Dengan Kembang Sepatu

Salah satu species kembang sepatu
Salah satu species kembang sepatu
Manfaat dan Khasiat Kembang Sepatu - Mengutip dari wikipedia, kembang sepatu atau yang mempunyai nama latin Hibiscus rosa-sinensis L. adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga besar, berwarna merah dan tidak berbau. Bunga dari berbagai kultivar dan hibrida bisa berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang berwarna putih hingga kuning, oranye hingga merah tua atau merah jambu.

Kembang sepatu ini banyak speciesnya, dari seluruh species yang ada kebanyakan dipakai untuk dijadikan tanaman hias. Hebatnya, selain mempunyai tampilan indah sebagai tanaman hias, ia juga mempunyai khasiat obat, ia bisa digunakan sebagai herba untuk mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan sampai yang berat, dimana salah satu penyakit yang dapat diatasi dengan kembang sepatu ini adalah gondokan.

Jika sobat mengalami gondokan, dimana leher bagian bawah  membengkak akibat pembesaran kelenjar tiroid.tidak ada salahnya mencoba mengobatinya dengan herbal dar olahan kembang sepatu ini, dimana yang akan kita pakai adalah akarnya. Berkaitan dengan hal tersebut disadur dari manfaatbuahdaun.blogspot.co.id berikut cara mengolah atau meramu akar kembang sepatu untuk mengobati gondokan, atau cara membuat obat herbal dari akar kembang sepatu untuk mengobati gondokan ;
  • Pertama-tama sediakan akar kembang sepatu secukupnya, cuci bersih di air mengalir
  • Rebus sekitar 20-30 menit agar tekstur akar melunak,
  • Tumbuk sampai membentuk pasta (tambahkan sedikit air jika perlu)
  • Gunakan pasta akar kembang sepatu sebagai obat kompres pada gondongan,
  • Tunggu sampai mengering lalu bersihkan dengan air hangat,
  • Ulangi terus setiap hari sampai gondokan mengempis


EmoticonEmoticon