Jumat, 22 Juli 2016

Keputihan? Atasi Dengan Harendong

Tanaman Harendong
Tanaman Harendong
Manfaat dan Khasiat Tanaman Harendong - Harendong atau disebut juga dengan senggani, tanaman yang seringkali tumbuh menyemak di daerah-daerah yang teduh ini sepertinya jarang terdengar bisa dipakai sebagai herbal untuk masalah kewanitaan ya. Tapi ternyata, ia yang daun-daunnya seringkali terlihat subur di daerah yang sedikit lembab ini memang bisa juga dipakai untuk itu, untuk mengobati masalah kewanitaan, yaitu keputihan.

Ya, siapa sangka senggani, yang orang Sunda  biasa menyebutnya dengan harendong, yang memang sudah lama dikenal kaya manfaatnya ini ternyata bisa juga dipakai untuk mengobati keputihan! Ini jadi berita bagus tentunya mengingat tanaman harendong atau senggani ini begitu mudah dijumpai, ia bisa tumbuh dimana saja dengan liar.

Baiklah, kita langsung saja. Untuk mengobati keputihan, bagian tanaman harendong atau senggani yang dipakai adalah daunnya. Digubah dari smallcrab.com, berikut Cara Meramu Daun Harendong/Senggani Untuk Mengobati Keputihan atau cara membuat obat herbal dari buah/biji harendong/senggani untuk mengobati keputihan
  • Ambil daun harendong/senggani segar sebanyak 2 genggam,
  • Siapkan jahe dan bengle masing-masing seukuran ibu jari, lalu dicuci bersih dan dipotong-potong agak kecil   *catatan : jahe dan bengle dapat diganti dengan 3 kuncup bunga cempaka dan 3 buah biji pinang yang sudah tua
  • Masukkan campuran bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air yang sudah ditambah 1 sendok makan cuka,
  • Rebus campuran tersebut sampai airnya susut menjadi kira-kira 2 gelas, dinginkan,
  • Setelah dingin disaring, pisahkan dari dedak bahan-bahan
  • Air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas,
Usahakan rutin meminum olahan daun harendong/senggani tersebut agar manfaatnya terasa. Dan jangan lupa, ikhtiar/usaha untuk mendapat kesembuhan ini juga harus dibarengi dengan doa semoga lekas menemukan kesembuhan, atas kehendak yang Maha Kuasa.


EmoticonEmoticon