Kamis, 21 Juli 2016

Keracunan? Netralkan Dengan Harendong

Tanaman Harendong
Tanaman Harendong
Manfaat dan Khasiat Tanaman Harendong - Harendong atau Senggani, masyarakat di pedesaan tentunya sangat akrab dengan buah yang satu ini. Bahkan, anak-anak di desa seringkali iseng memakan buahnya ketika mereka bermain dan menemukan pohon senggani atau harendong yang sedang berbuah. Rasa buahnya memang memiliki sari-sari manis dan mengundang penasaran untuk terus menikmatinya.

Tanaman senggani atau harendong ini seringkali tumbuh menyemak di daerah yang dingin yang lembab. Ia bisa tumbuh dimana saja, mulai dari pekarangan rumah sampai tengah hutan, tapi biasanya umum dijumpai di daerah-daerah yang dekat dengan sumber air. Batang dan daunnya sedikit berbulu-bulu, di daerah admin batangnya yang masih muda juga seringkali dimakan oleh anak-anak, katanya rasanya manis.

Harendong atau senggani ini sudah sejak lama dikenal memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia. Mulai dari akar, batang, daun, sampai buahnya memiliki manfaat sendiri-sendiri. salah satu manfaat dari harendong atau senggani ini adalah menetralkan racun dalam tubuh! ya, hebat sekali, bukan?

Untuk menetralkan racun dalam tubuh, bagian tanaman harendong atau senggani yang dipakai adalah daunnya, atau bisa juga diganti dengan singkong. Digubah dari smallcrab.com, berikut Cara Meramu Daun Harendong/Senggani Untuk Menetralkan Racun dalam tubuh atau cara membuat obat herbal dari buah/biji harendong/senggani untuk menetralkan racun dalam tubuh;
  • Pertama-tama siapkan singkong akar, bersihkan. Atau,
  • Siapkan daun senggani/harendong sebanyak 60 gram, bersihkan,
  • Singkong akar atau daun harendong/senggani yang telah dibersihkan direbus dengan 3 gelas air,
  • Perebusan terus dilakukan sampai air tersisa 1 gelas, dinginkan
  • Setelah dingin, disaring lalu minum sekaligus, 
Usahakan terus meminum olahan daun harendong/senggani ini, sampai badan terasa enakan pertanda racun dalam tubuh sudah netral. Dan jangan lupa, ikhtiar/usaha untuk mendapat kesembuhan ini juga harus dibarengi dengan doa semoga lekas menemukan kesembuhan, atas kehendak yang Maha Kuasa.


EmoticonEmoticon