Selasa, 09 Agustus 2016

Mengobati Gangguan Lambung Dengan Urang-aring

Urang-aring tumbuh liar
Urang-aring tumbuh liar
Manfaat dan Khasiat Urang-aring - Urang-aring, tanaman yang mempunyai nama latin Eclipta alba (L.) Hassk., sin. Eclipta prostrata L. ini kebanyakan ditemukan tumbuh liar sebagai gulma. Ia bisa dengan mudah ditemukan dimana saja, mulai dari kebun, pinggir jalan, sampai halam rumah. Anggota suku Asteraceae ini biasa tumbuh menghampar dengan bunga kecil berwarna putih kekuningan. Sementara daunnya hijau lonjong melancip di ujungnya.

Sudah sejak lama, tumbuhan liar yang sampai saat ini belum diketahui asal usulnya dipercaya mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesuburan rambut, dan itu memang terbukti. Terna ini terkenal oleh kegunaannya sebagai penyubur rambut. Tapi siapa mengira, ternyata tumbuhan yang mudah beradaptasi dengan berbagai keadaan lingkungan ini ternyata juga bisa dipakai untuk mengobati gangguan lambung!

Ya, ternyata urang-raing mempunyai manfaat untuk mengobati gangguan lambung. Berkaitan dengan hal tersebut, disadur dari manfaat.co.id berikut cara meramu atau mengolah urang-aring untuk mengobati gangguan lambung atau cara membuat obat herbal dari urang-aring untuk mengobati gangguan lambung ;
  • Pertama-tama siapkan sejumlah daun urang-aring yang telah dicuci bersih
  • Rebus daun yang sudah dibersihkan dalam dua gelas air,
  • Didihkan terus beberapa saat hingga air menyusut sedikit, warna air berubah. Dinginkan dan saring,
  • Air rebusan tersebut dibagi untuk 3 kali minum, pagi, siang, dan malam
  • Lakukan terus sampai keluhan membaik,
Selain dengan cara di atas, bisa juga dengan cara mengkonsumsi daun urang-aring secara langsung sebagai lalapan.


EmoticonEmoticon