Sabtu, 13 Agustus 2016

Meniran Ampuh Obati Disentri

Meniran
Meniran
Manfaat dan Khasiat Meniran - Meniran, tumbuhan liar yang satu ini seringkali ditemukan tumbuh liar, bahkan menyemak di banyak tempat. Dengan tinggi maksimal sekitar 50cm, ia yang mempunyai nama latin Phyllanthus urinaria ini seringkali terlihat mencolok dengan serupa buah yang berbentuk bulat dan daun majemuknya. Biasanya, kita bisa menjumpai dua warna dari meniran ini, ada yang putih dan ada yang kemerahan.

Meniran sebagai tumbuhan liar, tentu saja hampir tak ada yang memeliharanya, ia yang akan tumbuh subur di daerah lembab ini bahkan seringkali diacuhkan begitu saja meski mudah dijumpai. Tak jarang, ia seringkali dinggap gulma yang mengganggu. Padahal, dibalik itu, ia mempunyai banyak senyawa kimia yang bermanfaat seperti zat filantin, kalium, damar dan zat penyamak, karenanya, tanaman ini bisa digunakan sebagai herba. Salah satu keluhan yang biasa diobati menggunakan meniran adalah Disentri.

Berkaitan dengan hal tersebut. disadur dari baituherbal berikut cara meramu atau mengolah meniran untuk mengobati disentri atau cara membuat obat herbal dari meniran untuk mengobati disentri ;
  • Pertama-tama, cuci bersih sekitar 60 gram meniran,
  • Rebus semuanya dalam 3 gelas air,
  • Didihkan terus hingga air menyusut menjadi 1 gelas, dinginkan dan saring,
  • Habiskan sekaligus,
  • Ulangi ini sampai keluhan sembuh.


EmoticonEmoticon