Selasa, 09 Agustus 2016

Tuntaskan Campak Dengan Pegagan

Pegagan/antanan
Pegagan/antanan
Manfaat dan Khasiat Pegagan - Pegagan yang mempunyai nama latin Centella asiatica, atau juga yang sering disebut antanan merupakan tanaman liar yang biasa di ladang, tepi jalan, perkebunan, sampai halaman rumah. Awalnya, ia berasal dari daerah Asia Tropik lalu menyebar ke seluruh penjuru dunia. Sekilas, bentuk daunnya mirip sepatu kuda, hanya saja agak lebar. daunnya berwarna hijau muda dan seringkali terlihat mencolok di permukaan tanah.

Pegagan memiliki banyak kandungan zat aktif seperti asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, dan lainnya yang membuatnya memiliki banyak khasiat dan manfaat. Tentu, sebagai herba ia sangat-sangat bisa mengatasi berbagai keluhan penyakit, sebut saja salah satunya adalah campak. Ya, Pegagan bisa dijadikan herbal untuk cepat menuntaskan campak agar tak berlangsung lama.

Berkaitan dengan hal tersebut, digubah dari updatesehat.blogspot.co.id, berikut cara mengolah atau meramu pegagan/antanan untuk mengobati campak atau cara membuat obat herbal dari pegagan untuk mengobati campak ;
  • Pertama, sediakan 2 genggam daun pegagan yang telah dibersihkan,
  • Rebusa daun pegagan tersebut dengan 2 gelas air,
  • Didihkan terus air hingga air menyusut menjadi 1 gelas,
  • Minum minimalnya 1 kali sehari agar campak cepat sembuh,


EmoticonEmoticon