Sabtu, 13 Agustus 2016

Tapak Dara Cegah Asma Kambuh

Tapak Dara
Tapak Dara
Manfaat dan Khasiat Tapak Dara - Tapak dara, tumbuhan berbunga cantik yang telah menyebar ke berbagai daerah tropis ini mulanya berasal dari Madagaskar. Sekarang, seperti di Indonesia, ia telah banyak dipelihara sebagai tanaman hias karena bunganya yang cantik dan mempunyai bermacam-macam warna. Dengan tumbuh menyemak dan bunga yang kompak, ia akan terlihat Indah.

Selain indah, tanaman yang mempunyai nama ilmiah Catharanthus roseus (L.) Don ini juga mempunyai beragam manfaat herba dan bisa dijadikan obar herbal. Salah satu keluhan yang bisa diatasi menggunakan tapak dara ini adalah Asma. Asma, Mereka yang menderita asma seringkali tidak bisa lepas dari obat, dan kemanapun pergi harus membawa obat-obatan, baik itu yang diminum atau yang dihirup. Jika kambuh, asma akan dirasa sangat mengganggu.

Adapun obat-obatan kimia, sebenarnya juga bukan mengobati asma tapi hanya meredakan. Adapun yang bisa menjaga kebugaran tubuh agar asma tidak kambuh, bahan-bahan alami bisa dipilih. Banyak herba yang dipercaya bisa mengobati asma/meminimalisir kambuhnya asma, dimana salah satunya adalah akar dari tumbuhan tapak dara. Berkaitan dengan hal tersebut, disadur dari updatesehat.blogspot.co.id berikut cara meracik atau mengolah akar tapak dara untuk mengobati asma atau cara membuat obat herbal dari akar tapak dara untuk mencegah agar asma tidak sering kambuh ;
  • Pertama-tama, 1 bongkol akar tapak dara dicuci bersih di air mengalir,
  • Rebus akar yang sudah bersih menggunakan 1 liter air,
  • Didihkan terus air hingga air tersisa setengahnya
  • Habiskan ramuan dalam 2 kali minum, pagi dan sore
  • Ulangi terus setiap harinya agar asma tidak kambuh.

2 komentar

Saya baru tahu kalau itu namanya tapak dara mas. ternyata bisa untuk obat asma ya saya kira hanya sebatas tanaman hias aja :)

Iya mas, kita kebanyakan tahunya ini tanaman hias saja ya :D


EmoticonEmoticon